Tips Memilih Harddisk

Sesuaikan dengan Kompatibitas Perangkat Komputer
Yang paling penting adalah pastikan bahwa komponen komputer anda cukup mendukung dengan harddisk yang akan anda pilih. Artinya, bila BIOS Motherboard sudah lama, perangkat ini bisa saja tidak bekerja normal dan malah terasa lambat. Saat ini standard harddisk untuk PC modern adalah 20 GB dan peningkatan kapasitas ini sangat dianjurkan dan tentunya akan membawa berbagai hal baru bagi para pemakai computer.
Sesuaikan Kapasitas dengan Kebutuhan Anda
Penggunaan Harddisk dengan kapasitas 2,1 GB – 10 GB, itu sudah cukup digunakan untuk keperluan pengetikan seperti rental yang menggunakan Windows 98 dengan Microsoft Office seadanya. Jika ingin menggunakan Windows XP, maka untuk Windowsnya sendiri ditambah dengan Office saja sudah menghabiskan sekitar 4 GB (tanpa tune up), belum untuk keperluan aplikasi lainya. Apalagi jika anda mengerjakan Multimedia seperti Desain Grafis atau Video Editing, Harddisk yang digunakan haruslah berkapasitas mumpuni dan dalam kondisi yang benar-benar waras. Saat ini kapasitas terkecil Harddisk di pasaran adalah 40 GB. Jika anda ingin mendapatkan kapasitas di bawahnya, Anda dapat membeli / menggunakan Harddisk dengan kondisi second.
Memperhatikan Kecepatan Putar Harddisk
Semakin besar kecepatan putar harddisk, tentu saja akan meningkatkan kualitasnya. Kita sering mendengar ukuran kecepatan 54000 rpm, 7200 rpm atau 10000 rpm. Untuk pemakaian komputer yang akan digunakan di bidang Multimedia (desain grafis, video), dianjurkan menggunakan kecepatan standart 7200 rpm.
Kapasitas Buffer Harddisk
Ketika system meminta data kepada harddisk, maka harddisk tidak hanya memberikan data tersebut, tetapi juga melakukan proses mengisi buffer internalnya dengan serangkaian informasi tambahan yang nanti akan dibutuhkan processor pada saat proses berikutnya. Harddisk dengan buffer 8 MB cenderung akan memberikan kecepatan yang lebih baik pada saat menjalankan berbagai aplikasi yang cukup berat.
Sebuah harddisk dengan kapasitas 40 GB sebenarnya sudah cukup ideal untuk saat ini. Dari sisi kecepatan putar, pilih yang 7200 rpm jika Anda akan melakukan pengolahan desain grafis

sumber : mediaonlinenews.com

ADSENSE

Persegi