Tips Membuat Betah Pengunjung Blog

Blog, layaknya sebuah media cetak (koran dan majalah) yang memuat berbagai informasi dan dibaca oleh pelanggan (pengunjung) nya pastilah memiliki beberapa sebab yang membuat pengunjung betah atau tidak berlama-lama di blog kita. Tentu saja hal tersebut berpengaruh pada popularitas dan daya saing blog atau koran karena jika pelanggan betah berlama-lama mampir di blog kita, artinya ada sesuatu yang mereka suka dari blog atau majalah tersebut, untuk itu saya punya beberapa tips untuk paling tidak membuat pengunjung blog Anda lebih betah untuk membaca artikel di blog Anda, berikut tipsnya:
1. Usahakan page load halaman blog Anda cepat – Ya, kadang faktor waktu yang membatasi pengunjung blog untuk membaca dan mencari informasi lebih banyak dari blog kita, maka dari itu semakin cepat halaman blog kita di akses, akan semakin betah pengunjung untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lain. Supaya page load halaman blog menjadi lebih cepat, kurangi konten-konten blog yang tidak terlalu berguna dan memperberat kerja server Anda. Selain itu, jika Anda yakin akan target domisili pengunjung blog Anda (dari Indonesia misalnya), gunakan file hosting IIX yang dapat diakses lebih cepat dari Indonesia namun tentu saja Anda perlu merogoh kocek lebih dalam karena biasanya harga hosting server IIX sedikit lebih mahal.
Untuk pengguna WordPress, Anda bisa menggunakan Plugin W3 Total Chache untuk mempercepat load halaman blog Anda.
2. Jangan terlalu banyak iklan – Ya! Tentu saja, iklan-iklan yang ditampilkan pada blog tidak masalah jika masih dalam porsi yang pas dan tidak menganggu “keindahan” blog Anda. Terlalu banyak iklan, selain berpengaruh pada page load blog Anda, juga akan berpengaruh pada psikologi pengunjung blog Anda karena akan menimbulkan image yang tidak baik terhadap blog Anda, jadi usahakan untuk tidak menempatkan terlalu banyak iklan dalam blog Anda khususnya jika blog Anda masih cukup baru (seperti blog saya ini).
3. Tata letak yang sederhana dan jelas – Pengunjung Anda membutuhkan informasi yang jelas dan tidak berbelit-belit, baik dalam artikel maupun navigasi untuk berpindah posting dan halaman di dalam blog Anda.
Tiga tips di atas adalah tips secara umum untuk membuat betah pengunjung blog Anda yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini, nantikan tips lain yang mungkin berguna untuk Anda yang ingin memulai belajar nge-blog seperti saya. Semoga bermanfaat, salam!

sumber : http://wayjar.com

ADSENSE

Persegi